• Senin, 26 September 2022

Untuk Mudahkan Transaksi, Pupuk Kujang Gencarkan Aplikasi RMS di Wilayah Distribusi

- Kamis, 10 Maret 2022 | 12:47 WIB
Pemilik kios di Cirebon sedang menunjukan aplikasi RMS
Pemilik kios di Cirebon sedang menunjukan aplikasi RMS

Libernesia.com - Pupuk Kujang Cikampek menggencarkan penerapan aplikasi Retail Manajement System (RMS) di seluruh wilayah distribusi.

Aplikasi yang dilahirkan dari Program Retail Management (RM) Pupuk Indonesia itu dibuat untuk memudahkan transaksi jual beli pupuk baik komersil maupun subsidi.

“Saya sudah mencoba sendiri saat membeli pupuk untuk tanaman hias di rumah. Aplikasi ini sangat efektif dan efisien untuk penjualan di bisnis retail. Harapannya tahun ini, aplikasi RMS bisa dijalankan di 5 ribu kios dan tahun depan bisa di seluruh kios untuk retail pupuk komersil maupun subsidi,” kata Zuryati Simbolon, Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk usai membeli pupuk Nitrea di Kios Barokah Tani, Cirebon, beberapa pekan lalu.

Baca Juga: Belanja Mobil Dinas Pejabat Eselon II Dinkes Karawang Sedot APBD Rp 515 Juta, Ini Pesan Jokowi

Panji W Ruky, Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia mengatakan, aplikasi RMS memiliki fitur menarik, mulai dari digitalisasi proses penebusan pupuk bersubsidi, menelusuri penyaluran ke tingkat petani, hingga menyediakan layanan pembayaran uang elektronik.

Harapannya, petani, kios dan distributor dimudahkan dalam transaksi dan administrasi jual beli.

RMS bisa mempermudah kontrol stok pupuk dan barang secara real time. Bagi daerah pelosok yang jaringan internetnya buruk, RMS menyediakan mode offline supaya tetap berfungsi,” ujar Panji.

Fitur menarik lainnya, RMS bisa menyajikan laporan penebusan dan penagihan secara digital. Aplikasi ini juga akan memudahkan kios dalam mencatat transaksi, laporan keuangan, pengelolaan stok dan manajemen pegawai. “Aplikasi ini akan membuat alur distribusi pupuk lebih transparan dan terdata secara real time,” kata Fickry Martawisuda, SVP Retail Management, Pupuk Indonesia.

Baca Juga: Rahmat Hidayat Djati Jaring Aspirasi Masyarakat Purwakarta Saat Reses II 2022

Halaman:

Editor: Nurdin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X