• Senin, 26 September 2022

Jejaring Rujukan RSUD Karawang Gandeng RS Swasta dan Puskesmas

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:34 WIB
Penandatanganan Mou RSUD Karawang dengan RS Swasta dan beberapa puskesmas dalam memberikan pelayanan PONEK, (Foto:humas)
Penandatanganan Mou RSUD Karawang dengan RS Swasta dan beberapa puskesmas dalam memberikan pelayanan PONEK, (Foto:humas)

Libernesia.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang kembali melakukan penandatanganan MOU dengan beberapa rumah sakit swasta dan puskesmas.

Humas RSUD Kabupaten Karawang, Andi Senjayani menyampaikan pihak RSUD telah melakukan penandatanganan MOU dengan 6 rumah sakit swasta. Hal ini untuk memperkuat jejaring dalam pemberian pelayanan fasilitas kesehatan jejaring rujukan pelayanan obstetri neonatal emergency komprehensif (PONEK). Selain itu untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan dan Kepuasan Bagi Pasien, MCU RSUD Karawang Kini Lebih Representatif

"RSUD Karawang sebagai rumah sakit rujukan ikut serta dalam penanganan penurunan angka kematian ibu dan anak," ujarnya.

Ia menambahkan akan memberikan pembinaan kepada rumah sakit yang telah melakukan jejaring. Terdapat 10 puskesmas tipe C yang ikut menandatangani MOU tersebut.

"Di dapatkanlah 10 puskesmas tipe C dan rumah sakit swasta tipe C. Kalau dari puskesmas itu keadaan emergency bisa langsung di rujuk ke kami tanpa harus melalui rumah sakit tipe C lagi," sambungnya.

Lanjutnya, ada beberapa fasilitas kesehatan jejaring rujukan Ponek yang mengikuti MoU tersebut, yakni, Puskesmas Rengasdengklok, Puskesmas Pedes, Puskesmas Cibuaya, Puskesmas Batujaya, Puskesmas Kutawaluya, Puskesmas Cikampek, Puskesmas Kotabaru, Puskesmas Tunggakjati, Puskesmas Tirtajaya, dan Puskesmas Loji.

Baca Juga: Selain Meningkatkan Pelayanan, RSUD Karawang Juga Berbenah Penampilan

"Untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ada 10 dan untuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) ada 6 rumah sakit swasta, di antaranya RSIA Djoko Pramono, RS Citra Sari Husada (Intan Barokah), RS Karya Husada, RS Proklamasi, RS Fikri Medika dan RS Rosela. Itu yang memang sering melakukan rujukan ke RSUD Karawang dan mungkin ke depan akan kita tambah," ujarnya.

Kemudian, ia berharap dengan terbentuknya MoU tersebut dapat memaksimalkan pelayanan persalinan guna menekan AKI dan AKB di Kabupaten Karawang. Ia mengungkapkan kembali akan melakukan bedah kasus untuk mencari kekurangan dalam pemberian penanganan.

Halaman:

Editor: Yana Mulyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara untuk Mengurangi Perasaan Cemas

Rabu, 20 April 2022 | 00:55 WIB

Pemdes Sukaringin Gelar Vaksinasi Booster

Kamis, 10 Maret 2022 | 22:19 WIB
X