• Kamis, 30 Juni 2022

Hati hati 4 jalan utama rawan bencana di Sumbar selama mudik lebaran 2022

- Sabtu, 23 April 2022 | 05:35 WIB
Bandara
Bandara


Libernesia.com - Mudik adalah kegiatan bagi perantau untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik itu sendiri identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran, Natal & Tahun Baru, Idul Adha dan Hari besar Nasional.
Ramadhan tahun ini di prediksi akan banyak perantau yang mudik ke kampung halamannya, di karena kan tahun tahun sebelum nya terhalang oleh kasus covid yang meningkat tinggi.
Untuk warga Sumbar khusus nya waspada hujan ringan hingga lebat  selama musim mudik Lebaran 2022. Ada empat jalur rawan bencana alam sehingga kepolisian di daerah setempat menjadikannya titik prioritas pengamanan.
Polda Sumbar memetakan empat jalur rawan bencana sebagai titik prioritas Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) mudik Lebaran 2022. Empat jalur itu, yakni Jalan Padang Solok tepatnya di Panorama KM 28. Kemudian jalan umum di Bukit Tambun Tulang Malibo Anai. 
Selanjutnya, di Bukit Pulai Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di KM 12. Titik prioritas ke empat, Kelok 44 Maninjau KM 141.
Selain lokasi rawan bencana yang menjadi titik prioritas PAM, Polda mencatat 65 lokasi rawan longsor di Sumbar. Lokasi rawan banjir, terpetakan di 37 lokasi. 
Polda juga memetakan 59 lokasi rawan kecelakaan, serta rawan kemacetan. Demi menjaga kondusifnya perayaan Idul Fitri, Polda Sumbar menetapkan titik-titik prioritas PAM.

Polda Sumbar bakal melibatkan 2.342 personel selama Operasi Ketupat Singgalang 2022 untuk seluruh daerah di wilayah hukum Polda Sumbar.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, operasi akan dimulai 28 April hingga 9 Mei 2022. Fokus pengamanan, kata Satake Bayu, salah satunya lokasi rawan bencana alam.
Diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau Kabupaten Padang Pariaman memprakirakan akan terjadi hujan berpotensi ringan hingga lebat di berbagai wilayah Sumbar selama musim mudik.
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha mengatakan hujan masih akan terjadi di sejumlah kabupaten kota dari pagi hingga malam hari.

Sumber. ; langgam.Id

Editor: Khaitul Abyadu Erude

Sumber: langgam.id

Tags

Terkini

MUI Jawa Barat Serukan Salat Gaib untuk Eril

Jumat, 3 Juni 2022 | 01:45 WIB
X