• Senin, 26 September 2022

DPRD Karawang Desak Menaker untuk Cabut Permenaker Nomor 02 Tahun 2022

- Selasa, 31 Mei 2022 | 20:22 WIB
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Karawang, (foto:humas)
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Karawang, (foto:humas)

Libernesia.com - DPRD Kabupaten Karawang meminta kepada Menteri Tenaga Kerja (Menaker) untuk mencabut Permenaker Nomor 02 Tahun 2022.

DPRD Karawang melalui Ketua Fraksi Gerindra H. Endang Sodikin (HES), mendesak kepada Menaker Ida Fauziyah agar segera mencabut aturan tersebut.

Baca Juga: DPRD Karawang Gelar Kunjungan Kerja ke Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten

Sebab, menurut HES , dana JHT merupakan uang pekerja yang menjadi harapan utama bagi para pekerja buruh maupun perkantoran apalagi di masa sulit pandemi sekarang ini, ketika sudah tidak bekerja lagi atau terjadi pengurangan karyawan alias PHK, maka uang tersebut tentunya bisa dimanfaatkan sebagai modal dalam membuka dunia usaha baru.

“Saya sampaikan agar Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 ini dicabut karena ini tuntutan para buruh kami di daerah (Karawang-red). Tunjangan JHT yang telah dikumpulkan BPJS, menjadi harapan utama bagi para pekerja, baik buruh pabrik ataupun perkantoran ataupun sejenisnya ketika tidak lagi bekerja Apalagi di masa pandemi seperti ini JHT adalah solusi,” ujar Ketua Komisi III ini.

Baca Juga: DPRD Karawang Gelar Kunjungan Kerja ke KONI Subang, Ini Yang Dibahas

Sekretaris DPC Partai Gerindra Karawang ini menjelaskan, selama pandemi dua tahun ini banyak orang telah di-PHK di Jawa Barat termasuk di Karawang ini. Mereka yang terkena PHK ini otomatis akan sulit mencari pekerjaan kembali, lantaran adanya angkatan kerja baru atau fresh graduation.

“Karenanya, kegunaan dana JHT menjadi tumpuan para korban PHK untuk menggunanakan uang tersebut sebagai modal dalam membuka dunia usaha kecil seperti UMKM atapun sejenisnya,” tegasnya.

“Maka dana JHT menjadi penting bagi mereka untuk dicairkan dan digunakan sebagai bekal hidup dan mencari kesempatan kerja baru di perusahan lainnya. Jadi jelas, kebijakan dari Permenaker ini tidak sejalan dengan semangat pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi,” timpalnya.

Halaman:

Editor: Yana Mulyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persiapan HUT ke-389, Pemkab Karawang Lakukan Rakor

Jumat, 26 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X