Usianya Masih 15 Tahun, Anak Lilis Karlina Diduga jadi Bandar Obat Terlarang

- Selasa, 14 Maret 2023 | 13:58 WIB
RD (15) anak pedangdut Lilis Karlina saat dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolres Purwakarta. (Istimewa)
RD (15) anak pedangdut Lilis Karlina saat dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolres Purwakarta. (Istimewa)

libernesia.com - Usianya masih 15 tahun, anak pedangdut Lilis Karlina yang masih berstatus pelajar, ditangkap Satnarkoba Polres Purwakarta. Dia diduga menjadi bandar obat-obatan terlarang yang tidak memiliki izin edar alias narkotika. Remaja kelas 3 SMP ini juga juga mengendalikan pengedar pria berinisial yang berusia 26 tahun.

Adalah Remaja berinisial RD (15). Dia ditangkap tim Satnarkoba Polres Purwakarta bersama pengedar berinisial I (26). Saat ditangkap, polisi mendapati barang bukti berupa 925 butir obat Hexymer, 740 butir obat Tramadol, dan 200 butir obat Trihexyphenidyl.

RD dan I sudah mengedarkan barang haram di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Purwakarta, Karawang, dan Subang (Purwasuka).

Baca Juga: Misteri Mayat Pemuda Posisi Duduk di Jalan Raya Purwakarta-Subang Terungkap, Ini Penyebabnya

"Ya, kita mengamankan 2 orang. Mereka terdiri dari 1 remaja, diduga sebagai bandar, dan satu dewasa diduga pengedar," ujar Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, Selasa 14 Maret 2023.

Penangkapan keduanya, kata dia, dilakukan pada Minggu 12 Maret 2023. "Satu terduga masih duduk di bangku SMP kelas 3. Dia membeli obat tersebut secara online, kemudian dia jual kembali secara online dan secara langsung kepada pembeli, dan ia mengendalikan pengedar usia dewasa," lanjut Kapolres Purwakarta.

Sasaran dari peredaran obat terlarang itu, kata Kapolres, adalah pelajar dan usia dewasa.

Baca Juga: Viral, Bendera Merah Putih di Plasa Pemda KBB Robek, Kabag Umum Bilang Begini

Diketahui, RD merupakan anak seorang artis pedangdut kondang era '90-an, yaitu Lilis Karlina. "Iya benar RD adalah anak Lilis Karlina," ujar anggota polisi dari Satnarkoba yang enggan diberitahukan identitasnya, Selasa 14 Maret 2023.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 196 Undang Undang RI No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

Sedangkan dari tangan I atau pengedar usia dewasa, polisi berhasil menyita barang bukti 2 paket narkoba jenis sabu.

Baca Juga: Jadwal solat di Karawang, Selasa 14 Maret 2023

"Tersangka I terancan pasal 114 ayat 1 atau 112 ayat 1 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentnag narkotika dengan kurungan maksimal 15 tahun," katanya.

Sementara itu, Lilis Karlina orang tua dari RD, datang ke ruang Satnarkoba Mapolres Purwakarta untuk menjenguk anaknya, Senin 11 Maret 2023. Lilis datang mengenakan pakaian serba hitam, mulai dari kerudung, masker, pakaian, hingga tas warna hitam. Ia keluar dari ruangan satnarkoba pukul 17.00 WIB. Ia bersama seorang laki-laki menggunakan batik. (***)

Halaman:

Editor: Khaitul Abyadu Erude

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Karawang Bekuk 16 Orang Pengedar Narkoba

Jumat, 24 Maret 2023 | 18:32 WIB

Dorr... Maling Motor di Karawang Ditembak

Selasa, 21 Maret 2023 | 09:00 WIB
X