• Selasa, 6 Desember 2022

Mahasiswa Unsika Menggelar Sosialisasi Penggunaan Pegadaian Digital di Desa Jayamulya

- Minggu, 13 November 2022 | 05:44 WIB
Mahasiswa KKN Unsika di desa Jayamulya  (Libernesia)
Mahasiswa KKN Unsika di desa Jayamulya (Libernesia)

Mahasiswa Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) yang sedang melaksanakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 136 dan ditugaskan di Desa Jayamulya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, pada 19 September 2022 menggelar sosialisasi “Penggunaan Pegadaian Digital di Desa Jayamulya" bersama aparat Desa dan masyarakat di Aula Kantor Desa Jayamulya.

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara dan sambutan dari Ketua PKK dan Koordinator KKN Kelompok 136.

Lalu kegiatan inti, yaitu penyampaian materi mengenai Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital dan penjelasan fungsi aplikasi tersebut serta menjelaskan secara rinci ada program apa saja dari PT Pegadaian oleh Pimpinan Cabang Rengasdengklok Karawang dan ditutup dengan sesi sharing dan tanya jawab.

Baca Juga: Marak Kekerasan Seksual, Kelompok KKN 58 Mengadakan Seminar Pencegahan Kekerasan Seksual di Desa Pasirukeum

Sosialisasi ini dihadiri oleh perangkat Desa Jayamulya yang terdiri dari Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), Masyarakat, Dosen Pembimbing serta mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang KKN Desa Jayamulya.

Tujuannya yaitu memberikan informasi terkait Pegadaian, dan cara pengunaan pegadaian digital serta mengetahui apa saja program pegadaian digital ini.

Dosen pembimbing lapangan Wirman, SE., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk menambah pengetahuan aparat desa dan masyarakat mengenai pegadaian digital, bagaimana memunculkan pada bidang ekonomi yang nantinya bisa berkembang maju.

Menurut Sekdes Desa Jayamulya Dedi Permana, sosialisasi yang di adakan oleh mahasiswa KKN kelompok 136 berdampak baik mengetahui dalam pegadaian bisa melakukan transaksi apa saja, selain dari bisa menggadaikan barang bisa untuk menabung emas dan juga bisa menabung haji dengan membeli nomor posri terlebih dahulu. Sehingga apa yang kita ketahui sekarang ini masyarakat Desa Jayamulya bisa berinvestasi di pegadaian digital atau bisa langsung ke kantor pedagaian sekitar.

Ia pun berharap melalui sosialisasi ini dapat membantu membuat masyarakat Desa Jayamulya menjadi lebih maju dalam sektor ekonomi. 

Baca Juga: Kejari Karawang Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Gedung Fasilkom Unsika

Halaman:

Editor: Muhamad Romli

Sumber: Libernesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKN Unsika Sukses Dampingi UMKM Muara Baru

Jumat, 28 Oktober 2022 | 13:19 WIB

Bawa Cerulit Siswa di Karawang Saling Adu Bacok

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:34 WIB
X