• Sabtu, 13 Agustus 2022

DPRD Karawang Akan Perketat Regulasi Penanggulangan TBC

- Senin, 11 Juli 2022 | 23:30 WIB
Rapat Paripurna DPRD Karawang Tahun 2022, (foto;humas DPRD Karawang)
Rapat Paripurna DPRD Karawang Tahun 2022, (foto;humas DPRD Karawang)

Libernesia.com - Ketua Pansus Raperda Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) DPRD Kabupaten Karawang akan memperketat regulasi dalam draf Raperda yang saat ini tengah dalam pembahasan. Hal itu sebagai langkah pencegahan penularan yang mana diketahui penyakit tersebut sangat mudah menular.

Ketua Pansus Raperda Penanggulangan TBC, Jajang Sulaeman mengatakan, mengingat TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya yang mudah ditularkan oleh pengidapnya, maka pihaknya ingin memperketat regulasi yang akan diatur dalam Perda. Namu ketatnya regulasi ini juga diharapkan tidak memberatkan masyarakat.

Baca Juga: Tujuh Dewan Pakar Dikenalkan DPRD Karawang dalam Sidang Paripurna

“Saya ingin ada regulsi yang ketat dalam penanganan TB ini, tanpa memberatkan masyarakat. Rugulasi pencegahan juga harus diperketat. Pencegahan ini bisa dilihat dari kenapa bisa TB ini menular,” ujar dia.

Untuk itu, lanjut Jajang, pihaknya berharap kedepan setiap Puskesmas di Kabupaten Karawang memiliki ruangan khusus untuk memberikan pelayanan terhadap pasien TBC.

“Selain di Rumah Sakit, Puskesmas juga harus memiliki ruang isolasi untuk pasien TBC. Karena penyakit ini memang sangat mudah menular,” ungkap dia.

Baca Juga: Sidang Paripurna Pembentukan Pansus Raperda Penyelenggaraan Bank Sampah Digelar

Ia menambahkan, DPRD juga berencana untuk mengatur pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan TBC mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat desa.

“Rencananya nanti dalam Perda TBC ini juga akan mengatur pembentukan Satgas, baik itu tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa,” paparnya.

Halaman:

Editor: Yana Mulyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wabup Karawang Hadiri Peresmian SDIT Naurahhuda

Selasa, 19 Juli 2022 | 20:15 WIB
X