Pupuk Kujang Dukung Pemulihan Sektor Pertanian Pasca Gempa Cianjur

- Selasa, 10 Januari 2023 | 19:08 WIB
Pupuk Kujang Peduli Petani Cianjur
Pupuk Kujang Peduli Petani Cianjur

Libernesia.com – Pupuk Kujang, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) terus mendukung pulihnya sektor pertanian di Cianjur setelah bencana gempa bumi. Seperti diketahui, lindu menyebabkan sektor pertanian di Cianjur sempat terkendala.

Saat melakukan aksi tanggap bencana, tim reaksi cepat kebencanaan Pupuk Kujang menemukan banyak petani meninggalkan lahan garapan mereka. Tak sedikit, kebun dan sawah terbengkalai hingga dijadikan tempat mengungsi.

Jangankan mengolah tanah dan bercocok tanam, saat gempa susul-menyusul, para petani fokus menyelamatkan keluarga, mengevakuasi ke tempat aman hingga memenuhi kebutuhan dasar keluarga di pengungsian. Sebab, tak sedikit rumah para petani yang hancur diguncang gempa. Saat itu, petani juga menjadi korban.

Baca Juga: Komisi V DPRD Jabar Suport Pembangunan RSUD Kabupaten Karawang

Fenomena ini terjadi di sejumlah wilayah pertanian di Cianjur, antara lain Kecamatan Cugenang, Warungkondang, dan Gekbrong. Gempa bumi juga menyebabkan penyaluran pupuk di Cianjur sempat lumpuh.

“Sektor pertanian di daerah pusat gempa sempat lumpuh total selama 3 pekan. Penyebabnya karena insfrastruktur yang rusak, mulai dari akses jalan hingga kios pupuk yang rubuh,” ujar Andi Komara, VP Komunikasi perusahaan Pupuk Kujang, Selasa (10/1/2023).

Andi menuturkan, setidaknya 6 kios pupuk rusak berat akibat gempa bumi Cianjur. Alhasil distribusi kios pun tidak berjalan lancar.

Baca Juga: Hutang Swasta ke Pemkab Karawang Sebesar Rp13,6 Miliar Lewat Mekanisme BOT Pasar

“Disebabkan tidak ada petani yang menebus pupuk. Disamping itu, kios pupuk juga rusak,” ujar Andi.

Halaman:

Editor: Nurdin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Karawang Terima Kunjungan DPRD Kota Tegal

Rabu, 11 Januari 2023 | 17:57 WIB
X