• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bantu Petani Karawang, Pupuk Kujang Laksanakan Program Makmur dan Salurkan Dana Usaha Mikro

- Rabu, 13 Juli 2022 | 20:31 WIB
Pupuk Kujang Bantu Petani dan Usaha Mikro
Pupuk Kujang Bantu Petani dan Usaha Mikro

Libernesia.com - Pupuk Kujang Cikampek menyalurkan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (UMK) kepada petani Karawang.

Sebanyak 50 petani peserta program ini adalah petani dengan lahan yang tidak terlalu luas (rata-rata 1 hektare).

“Kita menyalurkan dana pinjaman untuk petani. Tujuannya untuk membantu dan meminimalkan risiko usaha petani dengan lahan yang tidak terlalu luas,” kata Ade Cahya Kurniawan, Sekretris Perusahaan Pupuk Kujang usai meninjau penandatanganan perjanjian pendanaan UMK, Rabu (13/7/2022).

Ade menuturkan, program pendanaan UMK ini merupakan upaya Pupuk Kujang meningkatkan kemampuan petani menjadi tangguh dan mandiri. Program ini dilakukan dengan menyalurkan dana pinjaman, pendampingan serta pembinaan budidaya melalui program Makmur.

Baca Juga: 42 Tim Siap Berlaga di Turnamen Kapolres Cup Futsal Championship 2022

“Dengan dana pinjaman ini, petani dengan lahan tak terlalu luas bisa lebih tangguh dan mandiri sekaligus meningkatkan kemampuan budidaya, hasil panen serta keuntungan saat bertani,” kata Ade.

Seperti diketahui, di sejumlah daerah, petani dengan lahan di bawah 1 hektare memiliki sejumlah tantangan. Beberapa diantaranya adalah terbatasnya kemampuan aplikasi pupuk dan nutrisi tanaman yang berkualitas, terbatasnya pengetahuan teknologi pertanian moderen, terbatasnya wawasan food losses dan waste management, manajemen logistik hingga regenerasi petani.

Berbagai tantangan itu tak jarang membuat keuntungan petani dengan lahan 1 hektare ke bawah tidak maksimal. Alhasil, perlu dilakukan program yang bisa membantu petani supaya naik kelas.

“Karena petani menghadapi berbagai tantangan itu, kami hadirkan program dengan paket lengkap. Program pendanaan UMK sebagai bantuan modal, serta Program Makmur yang mengawal petani sejak sebelum tanam hingga pasca panen,” kata Ade.

Halaman:

Editor: Nurdin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wabup Karawang Hadiri Peresmian SDIT Naurahhuda

Selasa, 19 Juli 2022 | 20:15 WIB
X