Mutasi Jabatan di Pemkab Bekasi Dinilai Tidak Beres, Ini Penyebabnya

- Rabu, 18 Januari 2023 | 17:21 WIB
Pelantikan Pejabat Pemkab Bekasi
Pelantikan Pejabat Pemkab Bekasi

Libernesia.com - Mutasi dan Promosi Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kabupaten Bekasi yang di lakukan pada 13 Januari Kemarin dinilai ada yang tidak beres.

Hal itu disampaikan Bambang Hariyanto Alumni Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) Kabupaten Bekasi, ia mengatakan mutasi dan promosi ASN di Pemkab Bekasi tidak sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 5 tahun 2019.

Ia menjelaskan bahwa, tata cara mutasi diatur dalam peraturan BKN nomor 5 tahun 2019. Sebelum dilakukan promosi dan mutasi, dilakukan rapat oleh tim penilai PNS BKPSDM tertanggal 31 Oktober 2022.

Baca Juga: Fantastis..! Ratusan Miliar APBD Karawang Mampir di Enam BUMD Ini

Selanjutnya diserahkan BKN untuk mendapatkan pertimbangan teknis dan dikeluarkannya keputusan teknis oleh BKN yang diikuti dengan keputusan mutasi.

Sementara promosi dan mutasi yang dilakukan oleh Pemkab Bekasi pada tanggal 13/1/2023 lalu, Kemendagri telah menyetujui usulan promosi mutasi BKPSDM dan dilakukan promosi dan mutasi 115 pegawai (ada yang lebih dari dua tahun dan ada yang belum dua tahun). Namun 55 pegawai yang belum dilantik, diberikan keterangan belum menjabat selama dua tahun.

"Ada yang tidak beres dalam proses promosi dan mutasi beberapa waktu lalu. Beberapa nama pegawai yang belum menjabat selama dua tahun pada jabatan sebelumnya sudah dipindah. Bahkan beberapa pegawai yang belum tiga tahun menjabat sudah mendapat promosi. Ini menjadi bukti ketidakmampuan BKPSDM dalam mengelola data pegawai,"jelasnya.

Baca Juga: Begini Tanggapan Manager Pengelola Pasar Johar Soal Piutang Kemitraan

“Beberapa nama pegawai mendapat promosi padahal belum tiga tahun, ada yang dimutasi juga belum menjabat selama dua tahun. Sementara pegawai yang belum dimutasi, memakai alasan belum menjabat selama dua tahun. Ini kan gak beres, BKPSDM seperti main-main dan tidak memiliki data valid pegawai,” ungkapnya lagi.

Halaman:

Editor: Nurdin

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Karawang Terima Kunjungan DPRD Kota Tegal

Rabu, 11 Januari 2023 | 17:57 WIB
X